Kamis, 29 Mei 2008

Berpikir...maka gagasanpun bermunculan...

"Berpikir itu adalah pekerjaan yang paling berat diantara segala macam pekerjaan. Itulah sebabnya sedikit sekali orang yang senang melakukannya!" (Henry Ford)

Gagasan...gagasan sebenarnya mirip dengan udara di sekeliling kita. Ia berada dalam keadaan limpah, tetapi tidak kelihatan. Namun kehadirannya sangat penting bagi kebutuhan hidup kita untuk tetap bertahan hidup. Seperti halnya juga udara, maka gagasan pikiran kita dapat diperoleh di sembarang waktu, dan dalam jumlah yang tidak terbatas jumlahnya. Bila anda belajar bagaimana memanfaatkannya dengan sebaik-baiknya, maka anda dapat membuka pintu jalan pikiran anda itu. Anda akan berubah menjadi seorang manusia dengan kepribadian yang dinamis, lebih daripada dugaan anda semula.

Itu tujuan utama dari tulisan ini, membantu anda menggunakan jalan pikiran anda, sehingga udara yang bersih sehat dan segar itu bisa menyusup kedalam kegiatan hidup kita. Maka pengalaman hidup kita akan lebih gairah, bersemangat, dan penuh dengan hasil yang menguntungkan. Kepribadian anda akan menjadi dinamis dan penuh daya cipta.

Marilah kita lihat alat-alat yang diperlukan untuk dapat digunakan dalam mencapai sasaran itu:
  1. Suatu gudang tempat menyimpan pengalaman dan kemampuan ingatan dalam diri anda, yaitu jalan pikiran anda
  2. Kemampuan imajinasi/daya khayal untuk digabungkan dengan kemampuan ingatan itu sehingga bisa menghasilkan gagasan baru
  3. Suatu kepribadian yang dinamis, satu kepribadian yang memungkinkan anda untuk memvisualisasikan dan menghubungkan gagasan-gagasan itu
Pembahasan ketiga elemen tersebut...next post.... ;)

Tidak ada komentar: